Kamis, 03 Februari 2011

Tuhan Yesus adalah penolongku

Firman: Yesaya 49: 8-13
Pernyataan Tuhan lewat Nabi Yesaya dikatakan “Pada waktu Aku berkenan, Aku akan menjawab engkau dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau” (ay 8). Menyelamatkan dan menolong memberi arti yang positif yaitu menjadikan kita lebih baik bukan lebih buruk. Hal ini juga dipertegas oleh Nabi Yeremia, “hari depan yang penuh harapan” (Yer 29:11). Tuhan hadir untuk menyelamatkan. Tuhan hadir untuk menolong. Apa yang Tuhan janjikan di dalam kehidupan?
1. Memulihkan atau membangun kembali.
“untuk membangunkan bumi kembali…. dan untuk membagi-bagikan tanah pusaka …..untuk mengatakan kepada orang-orang yang terkurung: Keluarlah!” (ay 8-9). (Kabar baik: Kupulihkan negeri yang sunyi sepi menjadi tanah pusaka yang didiami. Orang yang dipenjara kusuruh keluar, yang ada di tempat gelap kubawa kepada terang). Dipulihkan atau dibangun kembali hendaklah dilakukan di atas dasar yang kokoh yaitu Kristus. Tuhan Yesus memberikan pernyataan tentang mendirikan rumah di atas batu dan di atas pasir. Yang kokoh adalah yang dibangun di atas batu yang diartikan “datang kepadaKu dan mendengarkan perkataanKu serta melakukannya” (Luk 6:47). Tuhan menolong tetapi kita harus ikut berpartisipasi. Rasul Paulus berkata, “kami adalah kawan sekerja Allah” (1 Kor 3:9), harus mau bekerja bersama dengan Tuhan. Jangan diam seperti orang yang terkurung tetapi keluarlah menuju kepada terang. Tuhan menyatakan “Kamu adalah terang dunia” (Mat 5:14) yang memiliki tugas menerangi kegelapan dunia dengan “perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di surga” (Mat 5:16).
2. Melengkapi kebutuhan dan melindungi.
“Mereka tidak menjadi lapar atau haus; angin hangat dan terik matahari tidak akan menimpa mereka” (ay 10). Ini yang juga dinyatakan oleh Tuhan Yesus, “Jangan kuatir akan hidupmu” (Mat 6:25); “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu” (Mat 6:33). Yang utama hendaklah kita hidup di dalam Tuhan dan menjadikan Dia sebagai Tuhan, Bapa (butuh apa saja pasti ada) dan Gembala. Pemazmur berkata “Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku” (Maz 23:1). Nabi Yesaya juga menyatakan, “tidak pernah kekurangan rumput dan di segala bukit gundulpun tersedia rumput bagi mereka” (ay 9b). Tuhan Yesus menyatakan jika burung-burung diberi makan oleh Bapa, “Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?” (Mat 6:26). Kenyataannya Tuhan sendiri yang menyatakan “Engkau berharga di mataKu dan mulia, dan Aku mengasihi engkau” (Yes 43:4).
3. Membimbing untuk diberkati dan bersukacita.
“Sebab Penyayang mereka akan memimpin … akan menuntun …akan membuat….” (ay 10b-11). Siapakah yang dimaksud Penyayang mereka? “P” dengan huruf besar berarti Tuhan. (NIV: He (God) who has compassion). Dengan kasih sayangNya, Tuhan akan memimpin dan menuntun kita, dikatakan menuju “ke dekat sumber-sumber air” (ay 10), sumber berkat! Perhatikan kemauan Tuhan dan kemauan manusia! Tuhan mau memimpin dan menuntun tetapi manusia tidak mau dipimpin dan dituntun. Kitab Yesaya, “masing-masing kita mengambil jalannya sendiri” (Yes 53:6). Dari sebab itu dibutuhkan ketaatan dan ini hanya dapat diperoleh dari Tuhan di saat kita memenuhi panggilanNya untuk ditahirkan/ dikuduskan, “Kuberikan kepadamu hati yang taat” (Yehz 36:26). “Aku akan membuat…..” (ay 11), menjadikan semuanya menjadi mudah untuk dicapai sehingga kita memperoleh sukacita, “bersorak sorailah ….. sebab Tuhan menghibur umatNya dan menyayangi orang-orangNya yang tertindas” (ay 13).
Itu yang Tuhan Yesus lakukan, menolong kita! Dan sebelum Tuhan kembali ke Surga Ia menyatakan “Aku akan meminta kepada Bapa dan Ia akan mengirimkan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu yaitu Roh Kebenaran” (Yoh 14:16). Amin!